18 Desember, 2008

Shale

Shale adalah bentuk lain dari mudstone. Mud didefinisikan oleh gelologist sebagai batuan sediment yang mempunyai ukuran butir lebih kecil dari 0.06 milimeter, cara pembentukannya adalah melalui media transportasi sungai dan diendapkan di dasar lautan membentuk perlapisan yang tebal, dan hasilnya disebut mudstone. Apabila ukuran partikel dari sediment pembentuknya semua berukuran clay yakni lebih kecil dari 0.004 mm, batuannya disebut claystone. Apabila terdiri dari lebih banyak dan murni unsur silt dengan ukuran butir lebih besar dari clay dan lebih kecil dari ukuran pasir maka batuannya disebut Silstone. Shale ukurannya adalah dua pertiga dari clay.

Shale yang berumur Paleozoic bawah yang berasal dari daerah dekat Ancram, New york terdapat dalam bentuk lensa dari batupasir gampingan dengan pembutirannya baik. Sebelum terkonsolidasi menjadi batuan, shale mengalami distorsi akibat dari slumping dan deformasi dari sediment lunak berumur Paleozoic awal, dan juga dimungkinkan akibat dari pergerakan tektonik setelahnya. Percobaan dalam bentuk miniature menunjukkan bagaimana shale dan sandstone terdapat di alam.

2 komentar:

  1. aurelio almeida marques14 April 2010 pukul 17.14

    mengapa batuan shale itu tidak terjadi porositas dan permeabilitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. shale merupakan porositas nya sangat baik tetapi permeabilitasnya buruk tidak seperti batupasir yang memiliki porositas dan permeabilitas yang baik batuan vulkanik juga pserti shale juga ada juga yg sperti sandstone
      baru-baru ini USA telah melakukan tahap ekploitasi pada batuan shale dimana batuan shale juga dapat mengandung gas atau pun minyak, karena permeabilitas shale sangat buruk maka metode untuk mendaptkan gas dibatuan shale menggunakan metode fracktur(pecahan) terhadap batuan sehingga dapat mengalirkan gas dan juga membantu permeabilitas batuan shale .......!!!!
      jadi shale bukan tidak memiliki porositas dan permeabilitas tetapi persenannya saja yang kurang baik jika dibandingkan terhadap sandstone...!!!

      Hapus